Misteri ‘Sungai Bersih Karena Ahok’

Tren berita di TV dan social media minggu ini sangat ramai, selain kasus pembunuhan dan penggandaan uang yang dilakukan oleh Dimas Kanjeng ada juga kasus istri polisi yang memutilasi anaknya. Selain itu masih banyak kasus kriminal yang terjadi di tengah masyarakat. Ngomongin tindakan kriminal memang bikin miris, semoga kita, keluarga dan orang terdekat terhindar dari perbuatan yang sangat sangat sangat sangat sangat sangat dan sangat tidak berprikemanusiaan. Tak hanya kita, saudara, keluarga dan orang terdekat; semoga segala kemungkaran, adu domba, tipu daya dan kedholiman sirna dari muka bumi. Amin *benerin jubah*

Salah satu fenomena yang diperbincangkan didunia maya adalah fenomena keyword ‘sungai bersih karena foke’ di mesin pencari Google. Apa yang terjadi jika mengetik keyword tersebut?
sungai-bersih-karena-foke-ahok

Beragam keyword juga dimasukan seperti ‘jakarta bersih karena foke’, ‘kamar bersih karena foke’, dan apa hasilnya?

meja-bersih-karena-foke-ahok

jakarta-bersih-karena-foke-ahokkamar-bersih-karena-foke-ahokbantar-gebang-bersih-karena-foke-ahok

Apa yang terjadi jika memasukan kata kunci: ‘toilet bersih karena foke’ dan ‘jamban bersih karena foke’? kita tidak disarankan untuk menuju ‘bersih karena ahok’. Tim ITnya keren nih. 😛

toilet-bersih-karena-foke-ahok

jamban-bersih-karena-foke-ahok

Memang dasaranya saya selo, saya selipin satu kata di keyword tersebut dan hasilnya taraaaa…

toilet-stasiun-bersih-karena-foke-ahok

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Saran pencarian tersebut bisa muncul karena banyak tulisan di internet mengaitkan kata “bersih karena” dengan “ahok”. Ketika pengguna memasukkan kata kunci ke kolom pencari, Google akan mendatangi sejumlah situs web di internet secara sistematis – apakah itu blog, berita, atau situs – dan membentuk indeks.

Kemudian, mesin pencari itu mendata konten yang paling banyak ditulis dan diklik pengguna. Kedua faktor ini menentukan relevansi.

Putri Silalahi – Products Communications Lead Google Indonesia

Apakah ini ada kaitannya dengan kampanye Ahok menuju DKI 1? Tim pemenangan Ahok dan Ahok sendiri pun membantah hal ini dengan gaya khas ceplas-ceplosnya “Enggak (iklan). Gila. Duit dari mana tuh?”
Mimin juga ngebayangin, kalo budget cekak gak mungkin Google mau ‘dikerjain’ kayak gini.

Oke bagaimana jika kita mengganti kata nama ‘foke’ dengan tokoh lain, apakah tetap disarankan menuju Ahok? mari kita coba keyword ‘lupur lapindo bersih karena aburizal’? Simpulkan dari dua gambar dibawah 🙂

lumpur-lapindo-bersih-karena-foke-ahoklumpur-lapindo-bersih-karena-aburizal-bakrie

Karena masih dalam rangka selo, bagaiman jika menggunakan keyword tersebut melalui Google Translate? Coba ketikkan ‘rumahku bersih karena foke’ kemudian pilih terjemahkan kedalam bahasa Inggris, apa hasilnya? Abaikan grammarnya.

rumahku-bersih-karena-foke-ahok

Bagaimana jika diterjemahkan ke bahasa lain?

rumahku-bersih-karena-foke-ahok-translate-jepangrumahku-bersih-karena-foke-ahok-translate-thailandrumahku-bersih-karena-foke-ahok-translate-portugisJika kita acak susunanya bukan ‘bersih karena foke’ maka hasil pencarian/ terjemahan tidak mengarah ke Ahok. Kesimpulannya adalah, jika kita menggunakan keyword ‘apalah apalah bersih karena foke’ maka (hampir) semuanya akan diarahkan ke ‘apalah apalah bersih karena Ahok’.
bersih-karena-foke-ahok

Google translate bahasa Jawa
Dari berbagai translate yang saya coba hasil yang paling mengagumkan adalah sbb:

rumahku-bersih-karena-foke-ahok-translate-jawa

Google Translate tak hanya mampu menerjemahkan Foke sebagai Ahok, bahkan diterjemahkan sebagai Basuki. Njawani tenan. hahaha 😀
Lantas hasil translate ini juga dianggap sebagai relevansi kata yang sering di gugling?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s